Untuk Indonesiaku di September 2019

Saffir Maki
Photo credit: Safir Makki/CNN Indonesia
‘Revolusi Mental’ seharusnya membuat orang-orang besar tidak fobia pada kritik dari rakyat kecil… Semoga aku dan engkau – walau saling beradu pendapat – tetaplah sadar bahwa kita adalah saudari-saudara sebangsa yang lahir dari rahim Nusantara!

Jangan saling baku pukul dan bunuh karena kekerasan tak pernah sampai pada solusi yang utuh! Yang berseragam cokelat dan loreng sejatinya disumpah menjadi penjaga anak bangsa… tak boleh kau lukai dan kau ciderai! Pelajar muda berseragam aneka warna juga tak akan jadi dewasa bila argumen mereka disambut dengan gas air mata, peluru, dan pentung! Bijak-bijaklah menghadiahi Dhandy dan Ananda jeruji besi karena jangan-jangan dua orang muda ini tak kalah cintanya pada negeri dibandingkan mereka yang punya lencana dan kuasa membui!

Telinga lebar dan hati yang besar adalah jalan untuk saling mendengar dan bertukar nalar… bukan untuk menetapkan yang salah dan yang benar; melainkan untuk mendamaikan yang bertengkar dan bersama menemukan akar soal di antara kita! Berteriak dan berkelahi terlalu lama kadang mengubah ketidaksukaan menjadi obsesi kebencian. Atau, jangan-jangan, diam-diam kita sebenarnya menikmati kekerasan itu dan menggunakannya sebagai alat pemuas kebutuhan kita akan identitas golongan? Atau, justru ini yang diinginkan orang-orang yang memang punya kepentingan untuk menggulingkan demokrasi? Ah, entahlah! Aku tak mau kita saling curiga! Bila hati habis dimakan syak wasangka, kapan kita dapat kembali berpelukan sebagai anak-anak Pancasila?

Yang kutahu sederhana saja: ini saatnya menghentikan kekerasan – baik dari jalanan dan dari tahta para pejabat! Ini saatnya menggunakan jalur komunikasi! Yang kutahu sederhana saja: tak elok kita saling beradu otot sementara Mama-Mama di Ambon belum kering tangisnya karena rumah, harta dan cinta mereka dihantam lindu! Yang kutahu sederhana saja: pada akhirnya, hanya kasih yang boleh dan yang akan menang!

Damailah Indonesiaku!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s