“Si Tukang Kayu Misterius …”

#SoulBites 2.0

Tahun 1873 di sebuah desa di Amerika Utara. Para suster Loretto kebingungan. Mereka kekurangan satu tangga naik menuju balkon koor di dalam kapel yang baru dibangun. Tangga dengan model biasa seperti yang kita gunakan untuk memanjat pohon tidak bisa mereka pakai. Maklum, para suster mengenakan jubah panjang. Mudah sekali menginjak jubah sendiri lalu terpeleset saat memanjat tangga. Belum lagi kalau ada nakal yang berusaha mengintip rok para suster, hahaha… Sayang, sisa ruangan begitu kecil hingga tak mungkin membuat sebuah tangga beton.

Loretto-Chapels-spiral-staircase

Akhirnya, mereka memutuskan untuk berdoa Novena kepada St. Yosef. Pada hari kesembilan doa Novena, muncullah seorang asing yang kusam baju namun kuat dan gagah penampilannya. Ia mengatakan akan membangun tangga untuk para suster dengan syarat ia butuh privasi selama tiga bulan. Para suster Loretto tidak yakin karena alat-alatnya sangat primitif: sebuah gergaji dan pahat-palu tua. Lebih aneh lagi, si lelaki misterius itu hanya meminta air hangat setiap hari.

Tiga bulan kemudian, lelaki itu hilang begitu saja tanpa minta bayaran dan tangga selesai dikerjakan. Para suster terbelalak saat melihat tangga spiral yang begitu indah: semua dikerjakan dengan tangan, tidak ada paku besi – karena semua disambung dengan pasak kayu, dan – yang lebih menakjubkan – tidak ada tiang pondasi tengah seperti biasa kita lihat pada tangga spiral. Tangga itu seperti melayang begitu saja: tanpa dukungan pondasi apa-apa.

Para suster Loretto – setelah pulih dari takjubnya – mulai menyadari siapa yang datang dan bekerja pada mereka. Novena mereka pada St. Yosef tidak sia-sia. Tangga itu sendiri sampai sekarang ada utuh di Kapel Loretto di Santa Fe, New Mexico – Amerika Serikat. Semoga kisah ini membantumu, sahabatku, untuk juga setia menyapa Bapa Yosef – yang dalam diamnya, selalu menjaga dan memelihara dengan baik Keluarga Nazareth…dan keluargamu! Selamat Hari Raya St. Yosef!

2 pemikiran pada ““Si Tukang Kayu Misterius …”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s