“Pengertian yang Lebih Mendalam…”

#SoulBites 2.0

Seorang profesor peneliti biota laut sedang menertawakan awak kapal yang bahkan tidak lulus SD. Si Prof dengan kacamata sedikit turun bertanya meremehkan: “Apa kau pernah belajar zoologi, biologi atau fisiologi?” Sang pelaut muda itu menjawab santun: “Tidak, Tuan! Saya bahkan tak lancar membaca…” Sang Prof terbahak tertawa dan berlalu sambil berkata: “Oh Tuhan! Anak muda ini akan mati karena buta huruf…”

IMG_7333

Sejenak kemudian, badai menerjang dan laut tampak mengamuk. Kapal itu mulai tenggelam saat sang pelaut muda sibuk menggulung tali-temali layar mereka. Di tengah deru angin kencang, ia berteriak pada si Prof: “Tuan! Tuan! Apakah Anda juga menguasai berenangologi, selamologi dan kaburologi dari hiulogi?” Si Prof yang telah panik menjawab kencang: “Tidak, beluuumm!” Sang Pelaut muda tersenyum singkat: “Tuan, tampaknya hiulogi dan pauslogi akan memakan kakilogi Anda kalau Anda tidak melatih otaklogi Anda untuk mengerti orang lain!”

Sahabatku terkasih,

Tak jarang bukan kita merasa diri sebagai ‘yang ahli’ dan yang selalu benar’?

Seberapa sering hatimu jadi panas saat pasanganmu memotong kalimatmu …

atau saat anak-anakmu berani mengutarakan pendapat yang berseberangan denganmu …

atau saat rekan kerjamu datang dan mementahkan usulmu…

 

Ah, sahabatku! Dunia ini akan jadi lebih indah andai kita memiliki pengertian yang lebih mendalam tentang sesama; tentang ide dan harapan mereka. Kita mudah sekali menilai orang lain dari apa yang tampak oleh mata. Padahal kau dan aku tahu benar bahwa Bapa memandang hati dan bukan rupa… Jangan takut melihat kebaikan orang lain – seburuk dan selemah apapun ia di mata dunia! Ambil waktumu untuk berandai-andai dengan kebaikan yang tersembunyi di balik apa yang tampak berbeda dengan kita… Bukankah belum tentu kita “yang menguasai biologi dan zoologi juga menguasai berenangologi dan kaburologi dari hiulogi?”

 

Selamat tersenyum! Tuhan memberkatimu + p. Albertus Joni SCJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s