“Merajut Impianmu…”

#SoulBites 2.0 | 03112015

Sahabatku terkasih,
kau akan kagum dengan sosok suster yang satu ini: perawakannya kecil, senyumnya lebar dan hobinya (yang membuatku geleng kepala) adalah panjat gunung. Ia adalah sr. Inez FCJ – seorang suster pada Kongregasi Sahabat Setia Yesus.

Ketika awal aku berjumpa dengannya, ia tanpa ragu mengisahkan hidupnya dalam satu kalimat penting ini: “Kita diciptakan oleh Tuhan untuk hal-hal yang luar biasa, dan itu sebabnya saya tak pernah ragu untuk memiliki impian…”

Namun yang mengagumkanku adalah bahwa di tengah kesibukan karyanya, ia tahu benar talenta dan pelayanan hanyalah ‘jalan’ menuju kesempurnaan jiwa. Ia tahu benar apa impian sejatinya! Hatinya merindukan saat di mana ia mampu menyapa Sang Guru yang ia ikuti sebagai ‘Sahabat’. Impiannya bukanlah menjadi tenar atau terpandang…tidak! Sr. Inez memilih jalan setapak yang sederhana: ia memutuskan bahwa impian terdalamnya adalah mengikuti Sahabatnya yang Tersalib itu ke manapun ia pergi!

image

Dari sanalah ia berjumpa dengan banyak jiwa dan lalu belajar mengerti arti belaskasih, pengampunan…dan kekudusan! Kekudusan bukan hanya soal mata terpejam dan tangan terlipat rapi di atas dada…tapi soal bagaimana kita bersyukur dan menikmati hidup ini bersama Allah dalam sukacita!

Itu sebabnya, pelan-pelan saya mulai mengerti mengapa ada seorang biarawati dengan hobi ekstrim: trekking dan hiking dari gunung ke gunung… Rupanya, ia menemukan bahwa impiannya untuk setia pada sang Guru mirip dengan komitmen untuk bertahan melawan siksa dingin dan kelelahan saat mendaki…dan ia bertahan dengan sukacita yang alami…

Semoga aku dan engkau juga belajar menemukan impian yang sama; impian di mana Tuhan ambil bagian di dalamnya… dan mengusahakan impianmu terwujud dalam jalan sukacita! Bila ada suster yang cukup ‘gila’ macam ini, bukankah kesempatan kita menjadi kudus kini jauhhh lebih besar, hahahaha… + p. Albertus Joni SCJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s