“Cardinal Nguyen van Thuan”

#SoulBites 2.0 | 21102015

image

Menjadi Uskup di sebuah negara komunis bukan sebuah pangkat yang menyenangkan. Demikianlah hidup Cardinal Nguyen van Thuan selama belasan tahun dipenjara dalam derita kerja paksa di Vietnam. Tiga paus silih berganti dan ia masih dipenjara di lokasi yang tak diketahui publik.

Diam-diam beliau berhasil mengelabui para penjaga dan mendapatkan ‘obat sakit perutnya’: sebotol kecil anggur misa dan remah hosti. Ia ingat sukacita ilahi saat akhirnya ia mendapatkan kesempatan merayakan Ekaristi dengan remah hosti dan tiga tetes anggur. Para tawanan Katolik yang lain menangis dalam haru saat diam-diam menerima remah Tubuh Kristus di balik bantal keras mereka.

“Kau tak bisa membayangkan betapa kuatnya kuasa Roh Allah dalam Ekaristi! Kami diam-diam bangun tengah malam dan menyerap Allah dalam adorasi! Para tawanan Buddhist bahkan ada di sana bersama kami beradorasi…” ujar Uskup Nguyen. Dan di sanalah ia mengembangkan umatnya, di sanalah tahta katedralnya… dan di sanalah ia menemukan kasih persahabatan dengan mereka yang menyiksa dan memenjarakannya.

Salah satu penjaga penjara akhirnya berani meminta sang Uskup mengajarinya bernyanyi dalam bahasa asing… dan kau tahu, sahabatku? Uskup Nguyen mengajarinya lagu ‘Veni Creator Spiritus’ – ‘Datanglah Roh Pencipta’…dan segera tentara itu jatuh hati pada melodinya yang syahdu. Tentara itu tak tahu arti lagu itu dan tiap pagi mereka membuat Uskup Nguyen dan umat lain menangis saat lagu itu dikumandangkan dalam penjara lewat bibir para penjaga penjara.

Ah sahabatku, jangan bersedih bila iman kita dihina dan disisihkan oleh dunia. Kita lihat saksikan tragedi bangunan Gereja yang dirobohkan di banyak tempat – terutama di Aceh Singkil baru-baru ini. Dunia dapat merubuhkan batu dan kayu, namun tiada kuasa menghancurkan harapan dan kasih kita pada Kristus. Kita doakan Gereja yang masih berjuang di belahan bumi yang lain! Teguhkan hatimu jadi saksiNya! + p. Albertus Joni SCJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s