Bersyukurlah! Engkau Tercipta Luar Biasa!

Image
Kadang, bersyukur untuk segala hal menjadi begitu sulit ya…

Ada salah satu iklan rokok yang mempunyai tagline berbunyi: ”Escape the Ordinary!” – ”Larilah Keluar dari yang Biasa-biasa Aja!” Seringkali kita merasa orang yang biasa-biasa saja… lahir dari keluarga biasa-biasa, menjalani pendidikan yang biasa-biasa juga, atau juga menghadapi rutinitas yang biasa-biasa saja… Pernahkah kamu merasa jenuh dengan hidupmu atau dengan dirimu sendiri. Setelah bangun tidur, kita akan melakukan hal yang biasa dengan teman… entah pergi kuliah, bekerja, nonton, belajar atau jalan-jalan… Ada kalanya kamu merasa begitu sendirian dan kesepian dalam hidup yang ’biasa-biasa’ saja…

Bahkan gejala kesepian dan keterasingan ini dapat tampak pula dalam orang muda yang mendapat cap ‘anak baik’ di mata orang banyak. Salah seorang teman muda bercerita padaku bahwa ia mati-matian berjuang untuk menjadi yang terbaik di kelasnya sejak bangku TK. Ia belajar ekstra keras agar orang lain melihtanya sebagai anak yang pandai dan dengan demikian ia dapat membanggakan kedua orang tuanya yang memang berpenghasilan pas-pasan saja. Ia begitu berprestasi dalam dunia akademisnya dan seolah jalan di masa mendatang terbentang dengan amat cerah baginya. Namun tidak seorang pun tahu bahwa ribuan kali ia merencanakan bunuh diri secara terperinci… di balik semua piagam penghargaan yang didapatkannya, ia selalu berfantasi tentang bagaimana hidup ini harus diakhiri karena ia merasa berjuang sendirian dan tidak dikasihi!

Padahal teman-teman, sejatinya hidup kita sangat jauh lebih dari sekadar ’biasa-biasa’ saja… Kita rasanya terlalu sering membiarkan waktu berlalu begitu saja dan satu hari begitu cepat berganti. Engkau baru akan merasakan indahnya hidup ini bila setiap malam sebelum tidur, kamu mencoba bersyukur pada Tuhan untuk segala kebaikan yang boleh kamu dapat dan boleh kamu beri buat yang lain. Kalau perlu, kamu buat daftar tertulis tentang hal-hal baik yang terjadi pada hidupmu… Lalu bagaimana dengan hal buruk? Yang kamu perlu syukuri dari hal buruk dalam hidupmu adalah bagaimana hal buruk itu membuatmu belajar menjadi orang yang lebih baik lagi!

Image
Jangan menyerah! Engkau dikasihi ruaaaarrr biasa!

Awalnya akan sulit untuk dapat bersyukur setiap malam… tapi cobalah! Kamu akan menemukan betapa hidupmu bermakna dan indah – betapa banyak kebaikan dan cinta yang boleh kita alami! Dari sana, kamu akan mengerti benar apa artinya menjadi orang yang luar biasa. Mulailah!

Pada gilirannya, kamu juga akan berkata sama seperti St. Agustinus… “Orang-orang pergi ke luar negeri untuk mengagumi tingginya gelombang-gelombang ombak yang besar di lautan, alur sungai yang panjang, luasnya samudera hingga gerakan bintang-bintang…namun mereka memandang diri mereka sendiri tanpa berdecak kagum…” Kamu akan kagum dengan dirimu karena ternyata engkau diciptakan ruuuaaarrr biasa!

In Corde Iesu,

Temanmu seperjuangan…

Fra. Albertus Joni, SCJ

Advertisements

One thought on “Bersyukurlah! Engkau Tercipta Luar Biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s